Konsumen dan Pemasar Cerdas

2 Apr 2013

Saat saya menelusuri beberapa artikel di internet yang berkaitan dengan konsumen cerdas (smart consumer) saya menemukan bahwa konsumen cerdas itu lebih banyak berkaitan dengan proses pengambilan keputusan konsumen yang logis dalam pembelian. Dengan demikian, aspek kognitif lebih banyak mengemuka saat kita menggunakan term “konsumen cerdas.” Padahal, jika kita baca teori tentang bagaimana konsumen bersikap terhadap produk atau merek, aspek afeksi juga turut mengambil andil yang tidak kalah besar dibandingkan aspek kognisi dalam membentuk sikap konsumen.

Seringkali kita berasumsi bahwa konsumen selalu menggunakan pemikirannya saat membeli sesuatu. Dengan demikian keputusan-keputusan konsumen dalam pembelian dianggap sebagai sebuah proses yang logis, terukur, stabil sesuai alur berpikirnya. Konsumen dianggap mengetahui untung ruginya membeli dan mengkonsumsi sesuatu, sesuai dengan kesadarannya, berdasar perhitungannya. Maka muncul istilah “akunting mental”, “aritmatika mental”, “matematika mental” yang mengacu kepada kondisi dimana konsumen dianggap selalu berhitung dalam setiap pengambilan keputusan.

Dalam beberapa penelitian dan teori perilaku konsumen anggapan bahwa konsumen adalah pengambil keputusan yang rasional sangat mengemuka. Konsumen dianggap selalu memiliki alasan mengapa mereka membeli sesuatu. Teori reasoned action dan planned behavior serta pengembangannya merupakan contoh dari anggapan tersebut.

Mengapa kita membeli sesuatu dan bagaimana kita membeli sesuatu? Apakah kita selalu berpikir keras saat akan membeli sesuatu? Apakah kita selalu punya alasan saat membeli sesuatu? Apakah kita selalu merencanakan saat membeli sesuatu?

Model pengambilan keputusan konsumen yang menggambarkan konsumen yang rasional saat melakukan pembelian adalah sebuah penyederhanaan. Di dalam prakteknya, para pemasar mengambil sisi lain dari konsumen: heuristic, interest and desire.

Baiklah, artikel ini disudahi dahulu. Selamat berpikir :)


TAGS Perilaku Konsumen kognisi afeksi consumer behavior Teori


-

Author

Follow Me